Department

Tentang Kami

Kantor urusan akademik bekerja sama dengan departemen kesuksesan siswa dan unit lainnya menyediakan berbagai layanan untuk membantu siswa meraih keberhasilan secara akademis. Layanan ini dijelaskan di bawah ini.

Klinik kesehatan menyediakan layanan medis tanpa biaya kepada siswa. Kantor ini terletak di lantai 5, tepat di seberang lab komputer. Dokter siap siaga selama tiga hari dalam seminggu dengan jadwal sebagai berikut:

Senin (13.00 - 16.00)

Rabu (12.00 - 15.00)  dan

Jumat (13.00 - 16.00).

Siswa dapat mengajukan sesi konseling dan mengatur pertemuan dengan konselor sesuai waktu yang mereka inginkan melalui portal siswa.

Sesi konseling dilakukan di ruang konseling pribadi di lantai 6 pada tanggal dan waktu yang diatur dan dikonfirmasikan. Untuk detail lebih lanjut tentang sesi konseling, silakan kirim email ke Ibu Farrah Mahdaly.

Siswa dapat bergabung dengan berbagai organisasi dan klub mulai semester satu. Organisasi dan klub ini membantu siswa mengembangkan kompetensi non-akademis seperti keterampilan kepemimpinan, kemampuan organisasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan presentasi, dan lain-lain. Siswa dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih organisasi dan klub berikut, namun disarankan bagi siswa untuk mengatur waktu dengan bijak untuk mempertahankan prestasi akademik yang baik. Hubungi kami melalui email di student.affairs@sampoernauniversity.ac.id untuk menanyakan lebih jauh tentang layanan ini.

Berikut ini adalah organisasi dan klub yang saat ini aktif:

Klub Bisnis dan Bahasa

  • Klub Bisnis
  • Klub Bahasa Inggris
  • Klub Jurnalisme

Klub Artistik - Klub Seni;

  • Klub Paduan Suara;
  • Klub Tari;
  • Klub Sinematografi;
  • Klub Akustik;
  • Klub Jepang

Klub Olahraga

  • Klub Petualang;
  • Klub Futsal;
  • Klub Basket;
  • Klub Bola Voli;
  • Klub Bulutangkis;
  • Klub Tenis Meja;
  • Klub Merpati Putih;

Organisasi Keagamaan

  • Organisasi Islam;
  • Organisasi Kristen;
  • Organisasi Hindu

Klub Belajar

  • Klub Manajemen;
  • Klub Akuntansi;
  • Klub Teknik

 

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui email di student.affairs@sampoernauniversity.ac.id untuk menanyakan lebih jauh tentang layanan ini.

Siswa dapat memanfaatkan area yang ditunjuk untuk beristirahat dari tekanan akademis. Tempat rekreasi ini terletak di lantai satu Kampus Utama di gedung L'Avenue dan di sekitar fasilitas di kampus Medan.

Kesuksesan siswa adalah perjalanan di mana siswa kita maju, berkembang, dan belajar untuk mencapai tujuan mereka. SU mendukung kesuksesan siswa dengan memberikan pengalaman belajar berkualitas tinggi yang dibentuk oleh praktek dan sumber daya terbaik.

Pelopor kesuksesan siswa kami menyediakan sejumlah sumber dan program yang dirancang untuk mendukung setiap siswa untuk mengejar target mereka. Program ini dikoordinasikan melalui kantor Program Dukungan Akademik yang berada di Perpustakaan

 

PROGRAM DUKUNGAN AKADEMIK

Jam buka:

Senin-Jumat: 8:00 - 9:00
Sabtu: 8:00 - 13:00
Minggu dan Hari Libur Nasional tutup
* Minggu (dua minggu sebelum minggu ujian dan selama minggu ujian) Jam buka perpustakaan adalah pukul 10.00 - 17.00 WIB) Silahkan menghubungi pustakawan kami Guruh Tri Nugroho melalui email untuk menanyakan lebih lanjut tentang layanan terkait perpustakaan dan bimbingan belajar.

 

Layanan Bimbingan Belajar

SU memberikan dukungan bimbingan bejar untuk semua siswa dalam kampus maupun online. Pusat Bimbingan Belajar yang ada di Perpustakaan tersedia untuk memberikan bantuan bahasa Inggris dan Matematika; les online tersedia untuk membantu semua mata pelajaran / kursus yang ditawarkan oleh SU. Tujuan dari layanan bimbingan belajar adalah untuk membantu siswa memenuhi standar akademis College dalam suasana yang positif dan konstruktif.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Dr. Iwan Syahril melalui email untuk menanyakan lebih lanjut tentang layanan ini.

 

Penasihat Akademik

Di SU, filosofi Penasihat Akademik memberi siswa kesempatan untuk membangun kemitraan dengan penasihat mereka. Kemitraan ini akan membantu Anda dalam merencanakan pendidikan, mengeksplorasi pilihan karir, dan belajar bagaimana mengakses berbagai sumber dan layanan yang tersedia.

Kemitraan ini merupakan upaya kolaborasi. Kami akan bermitra dengan Anda untuk mencapai hasil yang diperlukan untuk kesuksesan akademik dan menggaris-besarkan langkah-langkah untuk mencapai target pribadi, akademik, dan karir Anda. Kemitraan kami juga membutuhkan partisipasi dan keterlibatan baik dari penasihat maupun siswa karena dibangun dari waktu ke waktu.

Layanan Penasihat Akademik dikoordinasikan melalui Student Parent Advisory Center. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi SPAC.

 

Hubungi kami

Kirim email ke kami di farrah.mahdaly@sampoernaschoolssystem.com untuk mendapatkan informasi tambahan.

Tentang Registry Akademik

Registry Akademik adalah unit dalam Layanan Pendaftaran yang bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai layanan administrasi akademik kepada siswa, staf, dan dosen. Kami bekerja secara kolektif dan kolaboratif dengan semua kantor akademik dan administrasi untuk memberikan layanan terpadu untuk komunitas SUAC. Dalam menjalankan tugasnya, Register Akademik berada di bawah pengawasan Dekan Mahasiswa.

Skala dan Kebijakan Grading

Registry Akademik adalah unit dalam Layanan Pendaftaran yang bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai layanan administrasi akademik kepada siswa, staf, dan dosen. Kami bekerja secara kolektif dan kolaboratif dengan semua kantor akademik dan administrasi untuk memberikan layanan terpadu untuk komunitas SUAC. Dalam menjalankan tugasnya, Register Akademik berada di bawah pengawasan Dekan Mahasiswa.

Grades Points awarded

A Excellent

4

B Good

3

C Average

2

D Below Average

1

F Unsatisfactory

0

Katalog Mata Kuliah

Jumlah jam dan kuliah untuk Associate of Arts dan the Associate Science.

Baik gelar Associate of Art dan Associate of Science memerlukan total 60 jam kredit. 36 jam kredit untuk memenuhi inti Pendidikan Umum dan 24 jam kredit untuk memenuhi persyaratan utama dan persyaratan kredit elektif.

 

Daftar semua mata kuliah

Di bawah ini Anda dapat menemukan daftar mata kuliah SUAC dan kode mata kuliah yang sesuai di Broward College. Siswa akan menerima transkrip dari kedua SUAC (dengan kode SU) dan Broward College (dengan kode BC).
Untuk melihat deskripsi mata kuliah klik disini.

No SU Course Code Broward Code Course Name Credits
1 GCHM1301 CHM1045 General Chemistry I 3
2 GCHM1101 CHM1045L General Chemistry I Lab 1
3 GECO1301 ECO2013 Principles of Macroeconomics 3
4 GENG1301 ENC1101 Composition I 3
5 GENG1302 ENC1102 Composition II 3
6 GESC1301 Introduction to Environmental Science General 3
7 GINR1301 INR2002 Introduction to International Relations 3
8 GLIT2301 LIT2000 Introduction to Literature 3
9 GMAT1301 MAC1105 College Algebra 3
10 GMAT1303 MAC2233 Calculus for Business, Social & Life Sciences 3
11 GMAT1502 MAC1147 Pre-Calculus Algebra & Trigonometry 5
12 GMAT1504 MAC2311 Calculus & Analytical Geometry I 5
13 GPHL1301 PHL 2010 Introduction to Philosophy 3
14 GPHY1401 PHY2048 General Physics with Calculus I 4
15 GPHY1101 PHY2048L General Physics with Calculus I Lab 1
16 GPSY2301 PSY2012 General Psychology 3
17 GREL1301 REL2300 World Religions 3
18 GSOC2301 SYG2010 Social Problems 3
19 GSPK2301 SPC1608 Introduction to Public Speaking 3
20 GSTA2301 STA2023 Statistics 3
21 GWEL1201 HLP1081 Total Wellness 2
No SU Course Code Broward Code Course Name Credits
1 GACT1301 ACG2001 Principles of Accounting I 3
2 GACT1302 ACG2011 Principles of Accounting II 3
3 GBUS1301 GEB1011 Introduction to Business 3
4 GMAN1301 MAN 2021 Introduction to Management 3
5 GBUS2302 BUL2241 Business Law 3
6 GBUS2303 CGS1100 Introduction to Computer Applications 3
7 GBUS2304 GEB2112 Entrepreneurship 3
8 GECO2302 ECO2023 Principles of Microeconomics 3
No SU Course Code Code Course Name Credits
1 GCHM2302 CHM1046 General Chemistry II 3
2 GCHM2102 CHM1046L General Chemistry II Lab 1
3 GMAT2505 MAC2312 Calculus & Analytical Geometry II 5
4 GMAT2506 MAC2313 Calculus & Analytical Geometry III 5
5 GMAT2307 MAP2302 Differential Equations 3
6 GMAT2308 MAS2103 Linear Algebra 3
7 GPHY2402 PHY2049 General Physics with Calculus II 4
8 GPHY2102 PHY2049L General Physics with Calculus II Lab 1
9 GNGR1301 EGS1001 Introduction to Engineering 3
10 GNGR1302 ETD1320 Basic CAD 3

Contact Us

Contact Us

Academic Registry
L'Avenue Campus
Jln. Raya Pasar Minggu, Kav. 16
Pancoran, Jakarta 12780
Phone:(021) 5022 22 34 ext 7770
E-mail: academic.registry@sampoernauniversity.ac.id

Tentang Perpustakaan

Perpustakaan SUAC menciptakan lingkungan pengetahuan intelektual yang responsif, inovatif, dan kontemporer. Pengajar, staf, dan siswa kami memiliki akses ke salah satu koleksi sumber perpustakaan terbesar yang ada di Indonesia.

Misi kolektif dari Perpustakaan SUAC adalah untuk:
● Memberikan bantuan dan kesempatan kepada siswa, fakultas, dan staf untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pendidikan mereka dan untuk mempromosikan pembelajaran berkelanjutan.
● Menyediakan akses di tempat dan jarak jauh ke sumber daya, pelajaran, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan komunitas perguruan tinggi kami.
● Berkontribusi pada kompetensi informasi dan memberdayakan masyarakat kita untuk menjadi pengguna informasi yang kritis dan efektif.
● Menyediakan fasilitas fungsional dan lingkungan virtual untuk menunjang kebutuhan pengajaran dan pembelajaran yang efektif.

Perpustakaan terletak di lantai 6 gedung L'Avenue. Fasilitas ini mencakup Common Learning Spaces untuk studi individu dan kelompok. Perpustakaan adalah ruang belajar terpadu dengan zona tenang, area studi kolaboratif, ruang rapat, dan diskusi pribadi serta loker penyimpanan pribadi. Perpustakaan SUAC adalah sistem perpustakaan otomatis dengan sumber daya terbanyak yang tersedia di dalam atau di luar kampus.

DATABASE PENELITIAN
Perpustakaan SUAC menyediakan akses ke koleksi besar e-resources dan menyediakan konten interdisipliner berkualitas tinggi untuk mendukung pengajaran, pembelajaran, dan penelitian. Sumber daya perpustakaan dapat diakses dari kampus SU. Untuk akses jarak jauh (di luar kampus) login ke portal beranda perpustakaan. Setelah login, Anda akan memiliki akses ke e-resources saat sesi browser Anda tetap terbuka.

Contoh Sumber Daya Digital yang Tersedia untuk Komunitas SUAC


ABI / INFORM Complete (ProQuest)
Database ini memiliki ribuan jurnal teks lengkap, disertasi, makalah kerja, majalah bisnis utama dan ekonomi seperti The Economist, laporan negara dan industri, dan data yang dapat didownload. Cakupan internasionalnya memberi gambaran lengkap tentang perusahaan dan tren bisnis di seluruh dunia.


Jurnal Pendidikan ProQuest
ProQuest Education Journals menyediakan akses ke lebih dari 900 publikasi pendidikan terkemuka, termasuk lebih dari 600 judul dalam teks lengkap. Cakupan mencakup literatur tentang pendidikan dasar, menengah dan tinggi serta pendidikan khusus, pendidikan di rumah dan pendidikan orang dewasa. Banyak judul diindeks dalam database ERIC.


JSTOR
Arsip digital JSTOR mencakup lebih dari 1.500 jurnal akademis terkemuka di bidang humaniora, ilmu sosial, dan sains, serta monograf terpilih dan materi lainnya yang berharga untuk karya akademis. Seluruh jurnal (dari volume 1, terbitan 1) selalu disertakan, dan pada tahun 2010 JSTOR memperluas koleksi konten arsipnya yang luas untuk menyertakan edisi terbaru jurnal akademik pilihan melalui Program Beasiswa Saat Ini.


The Science Direct College Edition (Ilmu Sosial & Perilaku)
Science Direct College Edition menyediakan akses online ke lebih dari 1800 teks lengkap, jurnal peer review. Fasilitas ini menawarkan literatur online terkemuka di Ilmu Sosial, termasuk Psikologi, Bisnis & Manajemen, Geografi, Pariwisata & Transportasi, Pendidikan, Bahasa & Linguistik, Ekonomi, Sosiologi, Kebijakan Sosial & Ilmu Politik, Ilmu Perpustakaan & Informasi, dan Akuntansi & Keuangan.
The Science Direct College Edition (Ilmu Fisika & Teknik)
Science Direct College Edition menyediakan akses online ke lebih dari 1200 teks lengkap, jurnal peer review. Fasilitas ini menawarkan literatur online terkemuka di Ilmu Fisika & Teknik, termasuk Teknik Kimia, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Bumi dan Planet, Energi, Teknik, Ilmu Material, Matematika, Fisika dan Astronomi.


Ebrary
Ebrary adalah database yang berisi lebih dari 150.000 buku elektronik, mencakup berbagai disiplin ilmu. Fasilitas ini mencakup konten lebih dari 200 penerbit akademis, ilmiah, teknis, dan profesional terkemuka di dunia.


Thomson Reuters Eikon
Database ini menyediakan berita, data, analisis, komentar, dan wawasan penting yang Anda butuhkan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat bertindak cepat dan percaya diri. Alat perdagangan dan olahpesan terpadu memudahkan konversi wawasan menjadi tindakan. Karena kemudahan akses, TRE membuat Anda tetap terhubung ke pasar kapan pun, di manapun Anda berada. Database ini hanya bisa diakses melalui Perpustakaan SU. Untuk permintaan pelatihan tentang cara menggunakan fasilitas ini, hubungi pustakawan.


Thomson Reuters Datastream
Dengan luasnya konten sejarah finansial Datastream, Anda dapat meneliti korelasi dan hubungan antara indikator ekonomi global dan kelas aset. Keunggulan Datastream tersedia dengan cara yang paling sesuai untuk Anda: sebagai aplikasi desktop, melalui browser web dan plug-in yang ringan, on-demand atau umpan data untuk integrasi ke sistem Anda sendiri. Database ini hanya bisa diakses melalui perpustakaan SU. Untuk permintaan pelatihan fasilitas ini, hubungi pustakawan.

BANTUAN PENELITIAN
Kami dapat membantu pengguna individual dengan pertanyaan mengenai penelitian atau memberikan instruksi yang ditargetkan ke seluruh kelas. Hubungi kami untuk mengetahui caranya.

 

My PALS (Personal Assistant for Library Services)
Untuk bantuan pribadi dalam menemukan buku, artikel, dan sumber daya lainnya, datang ke meja utama perpustakaan atau jadwalkan konsultasi penelitian terlebih dahulu.

Library Student Instruction
Perpustakaan menawarkan berbagai program pembelajaran untuk membantu siswa belajar dan mengembangkan keterampilan penelitian. Jika Anda seorang pengajar yang mencari pelajaran untuk kelas Anda, hubungi kami untuk menjadwalkan sesi.
Pustakawan siap untuk bertemu dengan kelas Anda Senin sampai Jumat. Sesi berlangsung sekitar satu jam. Kami menyarankan untuk mengadakan sesi ini di awal setiap kelas.

LAYANAN PERPUSTAKAAN LAIN & FASILITAS
● Akses perpustakaan e-resources 24/7 di library.sampoernauniversity.ac.id
● Akses wireless
● Bantuan penelitian
● Pinjaman iPad
● Area baca koran / majalah populer
● Layanan fotokopi
● Display buku baru
● Document delivery services
● Layanan pengiriman dokumen
● Instruksi perpustakaan
Hubungi kami untuk mengetahui cara mendapatkan akses ke layanan dan fasilitas ini.
 

Sumber Perpustakaan

Untuk cek keseluruhan rangkaian sumber daya yang tersedia seperti buku teks, monografi, jurnal dan sumber dan publikasi digital, kunjungi katalog perpustakaan online kami di Portal Perpustakaan Link

Jam buka:

Senin - Jumat: 08.00 - 09.00 WIB
Sabtu: 08.00 - 17.00 WIB
Minggu dan Hari Libur: Tutup
* Minggu (2 minggu sebelum minggu ujian dan saat minggu ujian) Jam buka perpustakaan adalah 10.00 - 17.00)

Informasi Kontak

Meja Layanan Perpustakaan

Alamat: L'Avenue Building, lantai 6
Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: +62 21 5022-2234 ext. 7533
Email: erwin.rahmandita@sampoernauniversity.ac.id;
mamay.kamaludin@sampoernauniversity.ac.id;
guruh.nugroho@sampoernauniversity.ac.id;

Tentang Departemen TI

Departemen Teknologi Informasi (TI) bertanggung jawab untuk menyampaikan semua aspek Sistem Informasi dan Layanan Teknologi Informasi dengan prinsip-prinsip untuk mendukung dan memfasilitasi teknologi pembelajaran yang disyaratkan oleh SUAC.

 

Prinsip TI

● Meningkatkan aktivitas belajar dan dukungan instruksional melalui penggunaan teknologi secara efektif
● Menjaga lingkungan teknologi yang andal, tangguh, dan aman
● Menyeimbangkan inovasi, pengelolaan dan penggunaan sumber daya perguruan tinggi melalui perencanaan dan pelayanan yang matang

 

Ikhtisar Umum Layanan TI

Layanan TI dan sumber daya sistem dikirimkan kepada siswa, anggota fakultas, dan staf. Hal ini didefinisikan dengan melibatkan dan berkolaborasi dengan unit bisnis. Ruang lingkup layanan yang diberikan mencakup semua aspek terkait TI yang disyaratkan oleh SUAC.

Departemen TI menyediakan implementasi dan pemeliharaan Layanan Aplikasi Perusahaan untuk mendukung proses akademik dan manajemen.

Sistem Informasi Siswa tersedia untuk mengotomatisasi administrasi proses akademik yang terdiri dari data siswa, registrasi, manajemen kurikulum, laporan kuliah dan dosen, program studi, dan akses mandiri melalui portal akademis untuk mahasiswa dan dosen seperti pendaftaran kelas online, melihat nilai, melihat transkrip, dan melihat jadwal kelas.

 

Sistem informasi ini terintegrasi dengan aplikasi di bawah ini.
● Sistem Penerimaan
● Sistem Perekrutan Siswa
● Sistem Pembayaran Siswa (untuk mengelola pembayaran siswa dan bantuan keuangan)
● Sistem Pengelolaan Fasilitas untuk membuat dan mengatur jadwal kelas.

  • Desire2Learn (D2L) adalah Learning Management System (LMS) yang memungkinkan dosen membuat, mengelola, dan berbagi konten dan sumber belajar.
  • Brainfuse adalah layanan bimbingan online yang memungkinkan siswa dan tutor berkomunikasi secara real-time melalui platform kelas online yang mudah digunakan
  • Sistem Perpustakaan dilengkapi untuk menyediakan solusi otomatis untuk pemesanan, peminjaman, dan penyimpanan inventaris koleksi buku di perpustakaan. Sistem ini juga menyediakan akses online bagi mahasiswa dan anggota fakultas untuk ebooks dan jurnal.
  • Microsoft Office adalah rangkaian aplikasi profesional yang tersedia bagi mahasiswa, fakultas dan staf. SUAC menandatangani sebuah perjanjian dengan Microsoft dan hal ini memberi para siswa, fakultas, dan staf hak untuk menggunakan Produk Microsoft seperti Word, Excel, Powerpoint, OneNote, dll. Setiap pengguna terdaftar difasilitasi dengan akun Office 365 dan penyimpanan OneDrive dengan kapasitas 50GB.
 

Koneksi Internet dan Kampus Wireless
Akses internet tersedia melalui koneksi kabel dan wireless (Wi-Fi). Bandwidth yang memadai dan mudah diatur disediakan untuk mendukung pembelajaran online dan aplikasi pengajaran, ujian online di lab komputer, aplikasi multimedia, dan sistem konferensi video.

 

Telekomunikasi
Implementasi komunikasi suara dikerahkan di dalam infrastruktur jaringan untuk sistem telepon genggam (VoIP), suara, dan konferensi video.

 

Layanan Single Sign On (SSO)
Layanan SSO adalah bagian dari layanan infrastruktur yang mengelola otentikasi dan hak akses untuk beberapa aplikasi yang disediakan untuk aplikasi akademis dan perkantoran. Setiap pengguna (mahasiswa, fakultas, dan staf) diberi akun SSO menggunakan ID email khusus mereka.

 

Semua ruang kelas disesuaikan untuk mendukung lingkungan pengajaran abad ke-21. Setiap kelas dilengkapi dengan teknologi instruksional dan proyeksi dan dilengkapi dengan Wi-Fi untuk akses internet dan port LAN. Selain itu, proyektor multimedia dengan konektor HDMI / VGA terpasang di setiap kelas. Teknologi ini memungkinkan dosen untuk mengakses dan menyebarkan sumber daya untuk kursus pengajaran menggunakan sumber daya digital.

 

SUAC memiliki lima laboratorium komputer yang dilengkapi dengan total 101 komputer pribadi untuk mendukung pembelajaran online dan tugas berbasis komputer. Semua PC terinstal dengan sistem operasi MS Windows, produk MS Office, dan berbagai perangkat lunak untuk pekerjaan lab komputer.

 

Departemen TI menyediakan beberapa bantuan untuk siswa, fakultas, dan staf. Hal ini termasuk bantuan melalui email, telepon, atau secara langsung.

 

IT Service Desk untuk fakultas dan staf: IT Staff Room di lantai 7

IT Counter untuk siswa: Counter Registry di lantai 6

Jam layanan: Senin - Jumat, 8:00 - 17:00

Hubungi Kami

IT Service Desk

IT Service Desk
Address :L'Avenue Building, 7th floor
Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia
Phone: +62 21 50 2222 34 ext. 7777
Email: ict.support@sampoernaschoolssystem.com

ILTRO

Institute for Learning, Teaching, Research and Outreach

Institute for Learning, Teaching, Research and Outreach (ILTRO) di SUAC didedikasikan untuk memastikan keberhasilan akademik setiap siswa dan untuk menyediakan fakultas alat dan sumber yang diperlukan untuk unggul dalam pengajaran, penelitian, dan penjangkauan.

Tujuan utama kami adalah terciptanya budaya keterlibatan, di mana siswa terlibat sepenuhnya dalam proses pembelajaran, baik dengan pengajar mereka maupun dengan rekan-rekan mereka; dan di mana fakultas dari berbagai disiplin ilmu dapat saling terlibat dalam pedagogi pengajaran dan berbagi minat penelitian unik mereka sendiri, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

ILTRO juga merupakan divisi yang bertanggung jawab atas penelitian dan efektivitas kelembagaan. Upaya ini bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana penelitian internal, mengumpulkan data, dan membuat rekomendasi yang memperkuat pengambilan keputusan dan perencanaan administrasi di SUAC.

Unit dalam ILTRO:

CETL berkomitmen untuk memberikan kesempatan belajar terbaik kepada semua siswa SUAC dan anggota fakultas. Pada akhirnya, semua program CETL dirancang dengan pemikiran untuk menempatkan keunggulan belajar siswa di depan dan di tengah semua aktivitasnya. CETL mendorong sivitas akademika SUAC untuk mengejar cinta akan belajar dan cinta untuk berbagi. CETL melanjutkan peran dan fungsi unit universitas sebelumnya, Center for Learning, Teaching, and Curriculum Development (CLTCD).

CETL difokuskan untuk mempromosikan kesuksesan siswa melalui pekerjaannya di lima pilar utama:

  1. Menyediakan pemikiran kepemimpinan dan arahan kepada komunitas SUAC yang terkait dengan keunggulan akademik dan inovasi pendidikan dalam konteks kontemporer.
  2. Memajukan beasiswa pengajaran dan pembelajaran dalam konteks Indonesia dan internasional dengan memacu inovasi kolektif dan kolaboratif di berbagai lingkungan akademik, terutama di bidang pengembangan kurikulum digital dan penyampaian pembelajaran jarak jauh yang efektif.
  3. Mempromosikan dan memupuk filosofi pengajaran dan penelitian sebagai kegiatan seumur hidup dengan melibatkan para dosen dalam analisa kritis, eksperimen, dan kolaborasi.
  4. Mempromosikan dan mendukung pedagogi yang berpusat pada pelajar, inklusif dan berbasis penelitian melalui pengembangan profesional fakultas berkelanjutan.
  5. Menyediakan pengembangan profesional yang terkait dengan pengembangan dan desain kurikulum, praktek terbaik dalam dukungan akademis, dan penggunaan teknologi pembelajaran yang efektif pada komunitas SUAC.
 

1.1 LEARNING RESOURCE CENTER

Learning Resource Center menyediakan layanan bimbingan belajar dan penggunaan komputer gratis untuk semua siswa SUAC. Guru mata kuliah dan peer tutor dari Sampoerna University tersedia untuk Matematika dan Bahasa Inggris. Bimbingan juga dapat dijadwalkan untuk sains dan banyak mata pelajaran yang tercakup dalam Kurikulum Inti.

Tujuan kami adalah memberikan bimbingan dalam lingkungan belajar yang kolaboratif dan berpusat pada siswa yang aman, positif, dan ramah. Prestasi dan kesuksesan siswa adalah prioritas utama kami.

1.1.1. Layanan Bimbingan Belajar Sepanjang Tahun

1.1.1.1. The Writing Center

Pusat Penulisan menyediakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan aman bagi siswa untuk mendiskusikan penulisan dari mata kuliah apa pun yang mereka ikuti di universitas. The Writing Center mempekerjakan konsultan fakultas dan independen untuk menjadi tutor yang siap membantu siswa dengan berbagai jenis konsultasi, seperti:

  • Brainstorming ide tulisan
  • Merencanakan dan menulis ujian esai
  • Menyusun makalah
  • Laporan laboratorium
  • Makalah penelitian
  • Resume
  • Pernyataan Pribadi
  • Untuk menerima layanan dari The Writing Center, siswa dianjurkan untuk mendaftar atau datang langsung ke Learning Center Room, bertempat di lantai 6.
1.1.1.2. The Math Tutoring Center

Pusat Bimbingan Belajar Matematika menyediakan lingkungan yang kolaboratif dan aman bagi siswa untuk mendiskusikan topik dan masalah matematika dalam mata kuliah mereka. Pusat Bimbingan Belajar Matematika mempekerjakan dosen dan mahasiswa yang direkomendasikan oleh fakultas.

Secara khusus, Math Tutoring Center akan membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi pelajaran, mempraktekkan masalah dengan bimbingan tutor sebaya, dan mengembangkan studi dan keterampilan uji yang diperlukan.

 

1.1.2. Academic Writing Workshops

Ditawarkan oleh The Writing Center, workshop ini berfokus untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka untuk menulis secara efektif dalam lingkungan akademik. Siswa belajar bagaimana menyusun kata-kata yang efektif dan mengutip penelitian dengan menggunakan standar penulisan internasional. Yang paling penting, siswa mendapatkan kesadaran yang lebih besar mengenai pentingnya integritas akademik dan memenuhi standar etika yang tinggi.

1.1.3. Summer Bridge Program

SUAC memberikan program musim panas yang intensif bagi siswa baru yang memerlukan bantuan untuk memenuhi target siap kuliah yang dibutuhkan untuk mengikuti program akademik SUAC. Siswa baru dapat mengikuti tiga kelas musim panas: Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains.

 

1.2. INNOVATION CENTER IN TEACHING AND LEARNING

Misi dari Pusat Inovasi dalam Pengajaran dan Pembelajaran adalah untuk mempromosikan kesuksesan siswa dengan memberikan workshop dan dukungan fakultas, mempromosikan strategi pembelajaran berbasis bukti, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang inovatif dan kolaboratif. Gagasan pusat ini bertujuan untuk mencapai target kesuksesan siswa yang digariskan dalam SUAC Strategic Plan dan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya yang berkelanjutan sebagai institusi pengajaran dan pembelajaran yang dinamis.

1.2.1. Pengalaman Tahun Pertama

The First Year Experience (FYE) dari Subkomite ICTL bertanggung jawab untuk mengembangkan program dan layanan yang mendukung siswa dan fakultas dalam rintangan kuliah tahun pertama. Tujuan subkomite adalah untuk mengembangkan program pendidikan dan layanan siswa baru yang mendukung SUAC dalam tujuannya untuk meningkatkan tingkat keberhasilan, retensi, dan kelulusan siswa.

1.2.2. Faculty Sharing Sessions

Dalam forum bulanan ini, semua anggota fakultas terlibat dalam semangat belajar seumur hidup dan penelitian bersama, menumbuhkan rasa hormat dan penghargaan terhadap karya masing-masing. Setiap bulan, pengajar universitas kami dari berbagai disiplin ilmu membagikan karya penelitian mereka (yang lama atau sedang berlangsung), dan / atau praktek pengajaran yang berhasil dalam konteks universitas. Forum ini juga merupakan kesempatan unik untuk "meet-and-greet" (silaturahmi) untuk semua anggota fakultas dan keluarga besar Sampoerna Schools System, meleburkan rasa terisolasi dari pekerjaan mengajar.

Tujuan:

  • Memberikan kesempatan untuk belajar dan berbagi karya akademis dan praktek mengajar terbaik bagi anggota fakultas di Sampoerna University.
  • Memberikan kesempatan untuk “meet and greet” anggota fakultas di Sampoerna University.
  • Memberikan kesempatan untuk ide dan pandangan baru, serta kemungkinan kolaborasi antara anggota fakultas di Sampoerna University.
  • Menumbuhkan semangat dan kegembiraan untuk belajar dan berbagi di antara anggota fakultas di Sampoerna University.
 

Pembicara Sesi Lalu

  • 30 September 2016
    Pembicara: Rizcky Tamarany, PhD (Faculty of Engineering and Technology)
    Judul: Computational Materials Science
  • Sesi 1: 24 Februari 2017
    Pembicara 1: David Lopez, M.A.(Faculty of Education)
    Judul: Maximizing the Use of Gradebook in Schoology Learning Management System
    Pembicarar 2: Budi Poniam, M.Si. (Faculty of Education)
    Judul: Friendship Graph in Mathematics
 
  • Sesi 2: 24 Maret 2017
    Pembicara: Dr. Yoda Rante Patta, PhD (Faculty of Engineering and Technology)
    Judul: The Role of Multidisciplinary Study and Research
 
  • Sesi 3: 28 April 2017
    Pembicara 1: Bambang Setiono, PhD (Faculty of Business)
    Judul: Making Tridharma That Matters in Higher Education
    Pembicara 2: Vera Syamsi, M.Hum. (Faculty of Education)
    Judul: Stylistic in White Angels
 
  • Sesi 4: 19 Mei 2017
    Pembicara 1: Ivan Butar-Butar, PhD (Faculty of Business)
    Judul: Why We Do Research
    Pembicara 2: William Gibson, PhD (Faculty of Education)
    Judul: Batavia at the Turn of the 20th Century

     

 

 

1.2.3. Faculty Professional Development Programs

1.2.3.1. Schoology Training , 26 January 2017

Salah satu aspek dari sebuah universitas modern yang menyediakan pembelajaran abad ke-21 adalah adopsi teknologi berbasis web yang canggih untuk merencanakan, menerapkan, dan menilai proses belajar.

Schoology adalah sistem manajemen pembelajaran untuk sekolah K-12, institusi pendidikan tinggi, dan perusahaan yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan berbagi konten, dan sumber daya.

Sampoerna Schools System telah memutuskan untuk menggunakan Schoology sebagai sistem manajemen pembelajarannya. Pelatihan ini memberikan instruksi yang dipersonalisasi agar anggota fakultas Sampoerna University terbiasa dan mahir menggunakan alat dan sumber daya yang dibuat di Schoology untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran bagi siswa Sampoerna University.

1.2.3.2. Sertifikasi Google untuk Pendidik (14 Februari, 21, 28, 7, 14, 28, 2017)

Guru yang baik adalah guru yang terus belajar. Tidak peduli seberapa berpengalamannya seorang guru, pengajaran dan pembelajaran selalu berkembang dalam dinamika yang tinggi. Salah satu alasan perkembangan dinamis ini adalah kemajuan teknologi. Awal abad ke-21 telah menyaksikan kemajuan perkembangan dalam kecepatan cahaya dalam bagaimana teknologi informasi menentukan kehidupan kita. Semua aspek kehidupan, pribadi, dan profesional telah terpengaruh, termasuk bagi mereka yang terlibat dalam proses belajar mengajar.

Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar yang telah mengembangkan alat komprehensif dan terpadu untuk interaksi pengajaran dan pembelajaran kelas yang menarik dan bermakna. Kekuatan utama Google untuk program pendidikan adalah keterbukaan sarananya karena tertanam dalam sistem internet secara bebas dan mudah diakses oleh siapapun yang menggunakan gadget yang mereka miliki.

Platform Google dapat digunakan dengan apapun untuk menjelajahi Web, ketika guru membagikan dokumen, siswa dapat membacanya di ponsel, iPad, laptop Windows, atau apapun yang mereka miliki. Sistem ini terintegrasi dengan baik dan 100% digital. Semua tugas dapat diberikan, diserahkan, dan dinilai secara online.

 

CETL dengan komitmennya yang teguh terhadap pengajaran dan pembelajaran di abad 21 mengadakan sesi pelatihan Sertifikasi Google untuk Pendidik bagi 22 dosen, tutor siswa, dan staf universitas. Sesi pelatihan difasilitasi oleh Steven Sutantro, Guru Social Studies di Sampoerna Academy yang merupakan pelatih Google for Education yang bersertifikat. Peserta pelatihan mengikuti Ujian Sertifikasi Google Level 1 di akhir rangkaian pelatihan.

1.2.3.3. Proyek Pribadi Fakultas

Proyek pribadi ini menggunakan pendekatan reflektif dan penalaran berbasis data yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Berfokus pada praktek mengajar, semua anggota fakultas diminta untuk menggunakan pendekatan instruksional yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap anggota fakultas menulis proposal proyek, rencana kegiatan, dan rencana evaluasi sebelum melaksanakan proyek peningkatan pengajaran mereka. Terakhir, mereka menulis sebuah refleksi tentang apa yang mereka pelajari dari proyek tersebut.

1.2.3.4. Proyek Refleksi Video

Belajar mengajar tidak hanya mencakup "belajar untuk melakukan" tapi juga "belajar untuk memperhatikan" tindakan dari mengajar. Belajar memperhatikan akan membantu guru untuk berfokus pada elemen pengajaran yang signifikan, mengembangkan keterampilan yang lebih baik dalam menafsirkan perilaku mengajar, dan membantu guru untuk menjadi pelajar yang lebih baik dalam mengajar dan pengajar yang lebih baik dalam mengajari. Dengan menggunakan pendekatan reflektif, program ini menawarkan anggota fakultas untuk menggunakan video untuk memahami kekayaan pengajaran dalam konteks kelas. Kerangka belajar-untuk-memperhatikan mengembangkan tiga aspek pengajaran, yaitu:

  • Keterampilan dalam mengidentifikasi apa yang penting dalam situasi pengajaran;
  • Keterampilan dalam menggunakan apa yang orang tahu tentang konteks untuk memikirkan sebuah situasi;
  • Keterampilan dalam membuat koneksi antara kejadian spesifik dan prinsip pengajaran dan pembelajaran yang lebih luas.

Anggota fakultas terpilih berpartisipasi dalam proyek refleksi video selama satu semester. Para dosen yang berpartisipasi mencatat pengajaran mereka sendiri dan menghadiri sebuah workshop tentang "belajar memperhatikan" di mana mereka belajar tentang beberapa rincian pengajaran yang ditunjukkan dalam beberapa klip pengajaran mereka sendiri. Terakhir, mereka menulis sebuah makalah refleksi tentang apa yang mereka pelajari dari proyek dan bagaimana cara meningkatkan pengajaran mereka di akan datang.

1.2.3.5. Manajemen Proyek Fundamental (30-31 Mei, 2017)

Sejumlah dosen, staf, dan mahasiswa SUAC menghadiri program workshop manajemen proyek umum dua hari pada tanggal 30-31 Mei 2017. Program ini bertujuan untuk mengenalkan peserta tentang bagaimana mengelola proyek berdasarkan standar yang diterima secara global, Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) dari Project Management Institute (PMI). Para peserta melakukan beberapa latihan dan diskusi mengenai kasus manajemen proyek dunia nyata, mempresentasikan, dan mendiskusikan tugas proyek mereka sendiri.

 

 

1.2.4. Seri Kuliah Umum

1.2.4.1. Membina dan Mempertahankan Kolaborasi dan Kemitraan dengan Universitas AS

Pembicara: Dr. Julie Sinclair, Michigan State University

Dalam mendukung visi dan misi Sampoerna University untuk menjadi universitas internasional terkemuka di Asia Tenggara dan menjadi penyedia pengalaman Pendidikan Amerika di Indonesia, ILTRO memfasilitasi kuliah umum mengenai strategi untuk membina dan memelihara kemitraan dan kolaborasi dengan universitas-universitas AS.

Selain itu, dalam hubungan dengan inisiatif universitas untuk mendukung transfer siswa ke universitas-universitas AS, kuliah umum ini juga memberikan wawasan tentang penerimaan siswa, pendaftaran, dan transfer, terutama di universitas terkemuka seperti Michigan State University. Untuk tujuan ini, pada tanggal 19 Januari 2017, ILTRO mengundang Dr. Julie Sinclair, Associate Director of International Studies in Education, Michigan State University untuk memberikan presentasi umum (kuliah) kepada komunitas Sampoerna University.

1.2.4.2. Design Thinking

Design thinking adalah pola pikir dan metodologi untuk memecahkan masalah yang kompleks, dan menemukan solusi yang diinginkan. Ruang kelas dan sekolah terus-menerus menghadapi tantangan desain, mulai dari sistem feedback sampai pengaturan penjadwalan. Desain thiking menawarkan perspektif, alat, dan pendekatan baru untuk mengatasi permasalahan para pendidik yang rumit dan beragam. ILTRO mengundang Teddy Asril, MBA, seorang profesional manajemen internasional yang ahli untuk memfasilitasi workshop Design Thinking untuk anggota fakultas, mahasiswa, dan staf universitas.

Kebijakan

Berikut adalah kebijakan utama yang ditetapkan untuk Kantor Penelitian dan Efektivitas Kelembagaan. Klik di sini untuk melihat keseluruhan OIRE Handbook.

  • OIRE dipimpin oleh seorang Direktur dan didukung oleh berbagai unit pendukung di SUAC. Kerja OIRE didukung melalui sebuah komite yang terdiri dari administrasi, fakultas, dan staf.

Apa yang kami lakukan:

Misi dari OIRE adalah untuk memfasilitasi penilaian di seluruh perguruan tinggi melalui pengumpulan, analisis, pengelolaan, dan penggunaan data. OIRE bergerak dalam strategi perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan memperkuat misi Sampoerna University American College (SUAC) beserta program, layanan, operasi, dan prosesnya.

Misi ini dilakukan melalui:

  • Tinjauan evaluasi terus menerus yang digunakan untuk menilai program dengan cara yang sesuai dengan akreditasi;
  • Pengembangan dan administrasi pengumpulan data (survey, wawancara, focus group discussion)
  • Analisis data dan pengembangan laporan;
  • Uji kuliah dan unit program & proses evaluasi
  • Dukungan penilaian hasil belajar siswa.

2.1. Efektivitas Kelembagaan di SUAC

Upaya keefektifan kelembagaan di SUAC adalah proses penilaian yang sistematis, eksplisit, dan terdokumentasi untuk menilai kinerja terhadap misi institusional untuk semua program, layanan, dan konstituensi. Selain itu, ini adalah proses berkelanjutan, siklis, partisipatif, fleksibel, relevan, dan responsif yang sangat terkait dengan proses pengambilan keputusan di semua tingkat, termasuk proses penganggaran SUAC.

Singkatnya, efektivitas kelembagaan di SUAC menawarkan panduan berkelanjutan untuk perencanaan dan penganggaran, memberikan bukti objektif untuk tujuan akreditasi, dan mengumpulkan informasi yang berguna mengenai apa dan bagaimana siswa belajar. Tujuan efektivitas kelembagaan di Sampoerna University American College adalah untuk menilai hasil program dan layanan pendidikan dan menggunakan hasilnya untuk melakukan perbaikan terus-menerus.

Enam Karakteristik Utama Efektivitas Kelembagaan di SUAC:

 

  • Berpusat pada misi: Semua unit - akademik dan administrasi - merancang misi, tujuan dan sasaran mereka sendiri berdasarkan misi SUAC. Oleh karena itu, pelaksanaan dan penilaian kinerja masing-masing unit merupakan bagian integral dari upaya mewujudkan misi SUAC.
  • Berorientasi pada kemajuan: Efektivitas kelembagaan semua unit dimaksudkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang valid tentang kinerja masing-masing unit, dan hasilnya digunakan untuk lebih meningkatkan pembelajaran siswa dan efektivitas semua unit dan program mereka.
  • Partisipatif: Semua anggota akademik dan administrasi SUAC berbagi tugas perencanaan, penilaian, dan evaluasi.
  • On-going: Efektivitas kelembagaan adalah proses yang berkelanjutan, tercermin dalam jadwal reguler untuk perencanaan, pengumpulan data, dan penilaian di SUAC dan unit-unitnya.
  • Sistematik: Semua perencanaan dan penilaian dalam efektivitas kelembagaan dirancang untuk mengevaluasi dan memperbaiki semua elemen SUAC melalui penetapan target rutin dan evaluasi sejauh mana tujuan perencanaan dan penilaian tercapai.
  • Terintegrasi: Semua penganggaran dan pengambilan keputusan kelembagaan di SUAC sejalan dengan proses perencanaan dan penilaian.

2.2. SIKLUS EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN

Model Efektifitas Kelembagaan SUAC

2.2.1. Penilaian

Komponen ini mengukur sejauh mana SUAC mencapai tujuan dan sasarannya. Lebih khusus lagi, hal ini menunjukkan bagaimana temuan penilaian diterapkan untuk memperbaiki atau mengurangi kelemahan dan mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dalam kualitas program atau layanan.

Dalam Tahap Penilaian, masing-masing unit akan mengevaluasi / menilai kemajuannya untuk mencapai tujuan dan sasaran tahunannya, menunjukkan bagaimana memanfaatkan hasilnya, dan menyerahkan penilaian dan evaluasi. OIRE kemudian akan meninjau formulir yang diajukan, memberikan umpan balik teknis kepada unit, dan memberikan penilaian / evaluasi kepada Kepala Unit dan kebutuhan yang sesuai untuk tinjauan berkelanjutan dan proses rapat anggaran. Prosesnya akan berujung pada unit yang mempresentasikan kemajuan tahunan dan proyeksi tahun depan, termasuk pertimbangan anggaran, kepada CEO.

 

2.2.2. Siklus Penilaian

Siklus penilaian tahunan Sampoerna University American College dimulai pada tanggal 1 Juni dan berakhir pada tanggal 31 Mei. Laporan Penilaian yang jatuh tempo pada tanggal 1 Juni 2018, akan mencerminkan tahun akademik 2017-2018 (termasuk musim panas 2017, musim gugur 2017, dan musim semi 2018 ). Laporan Penilaian meliputi hasil penilaian berdasarkan rencana tahun sebelumnya, penggunaan hasil untuk perbaikan, dan ringkasan program / unit tahunan. Rencana Penilaian untuk tahun yang akan datang mencakup hasil dan strategi yang digunakan untuk mengukur sasaran program dan / atau pencapaian pembelajaran siswa. Perencanaan penilaian, termasuk tujuan baru atau revisi, juga harus mencerminkan pertumbuhan atau peningkatan yang berkelanjutan.

 

2.3. KALENDER EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN

 

Aktivitas

Deadline

Siklus penilain dimulai

1 Juni

Jatuh tempo laporan penilaian

31 Mei tahun berikutnya

Review CEO

15 Juni tahun berikutnya

 

Siklus Penilaian Tahunan Sampoerna University American College

 

 

Center for Research and Community Service (CRCS) adalah badan penelitian dan pengabdian masyarakat. Badan ini berfungsi sebagai pusat bagi semua anggota fakultas, staf dan siswa untuk mengembangkan kapasitas penelitian mereka dan terlibat dengan komunitas di seluruh Jakarta yang lebih luas. CRCS melanjutkan peran dan fungsi unit universitas sebelumnya, yang diberi nama Institute for Social Development and Community Outreach (ISDCO).

 

Visi

Visi CRCS adalah menjadi institusi utama SUAC untuk pertukaran akademis dan pengetahuan dengan menggabungkan semua fakultas dan unit akademis melalui upaya-upaya yang berdampak tinggi dalam penelitian, layanan masyarakat, pelatihan, dan pengembangan program.

 

Misi

Misi CRCS adalah memberikan layanan mendasar yang memperkuat tujuan intelektual inti universitas dan tujuan sosial dengan berfokus pada tiga tujuan utama:

 

  1. Mempromosikan, mengkoordinasikan, dan meningkatkan penelitian lintas disiplin dan transdisipliner
  2. Mengkoordinasikan pencarian dan penerapan peluang pendanaan akademik dengan membantu aplikasi hibah dan penyerahan proyek.
  3. Menyediakan dukungan untuk pengembangan dan implementasi kurikulum yang mencakup keterlibatan komunitas dan layanan pembelajaran

Contact us

Office

L'Avenue Office & Apartment, North Tower, 6th floor
Jl. Raya Pasar Minggu Kav.16, Jakarta Selatan, Indonesia, 12780
 +62-21-5022-2234 Ext. 7722

Email

For additional information contact us by email contact Dr. Iwan Syahril, Ph.D.
iwan.syahril@sampoernauniversity.ac.id