Tentang Sampoerna University

_dsc2024a-jakarta-110209-min
Sejak didirikan pada tahun 2001, Putera Sampoerna Foundation terus menyediakan wadah bagi generasi muda Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan. Wadah ini juga merupakan kesempatan dalam memajukan pembangunan nasional, sekaligus sarana untuk menantang sistem pendidikan yang sudah ada, serta diri mereka sendiri.

Di Indonesia saat ini, pencari kerja tak cukup hanya memiliki gelar. Perusahaan, baik nasional maupun internasional, juga mencari mereka yang memiliki kemampuan teknis yang mumpuni. Jika Anda ingin melepaskan jejak masa lalu dan berjuang untuk masa depan Indonesia yang hebat, serta menciptakan pemimpin muda yang mampu berkompetisi di masa depan – mari bekerja dan berjuang bersama kami. Kami telah menyiapkan langkah edukasi terdepan, yakni Sampoerna Schools System yang mampu menjadi pelabuhan pendidikan dunia, di mana generasi muda dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk membangun era baru bagi Indonesia.

Sampoerna Schools System dan Sampoerna University adalah bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk mendidik para pemimpin dan inovator masa depan Indonesia melalui rangkaian lengkap program pendidikan internasional berkualitas tinggi. Saya percaya, akan ada hari di mana kita dengan bangga mengatakan bahwa kita telah berhasil berkontribusi untuk meningkatkan harkat dan martabat negara. Kini dan nanti, kita siap untuk berpacu meraih sukses. Hari inilah, dimulainya babak baru dalam kehidupan anak muda Indonesia karena siswa kami adalah wujud luar biasa dari Sampoerna Schools System.

Putera Sampoerna

Sampoerna University adalah institusi pendidikan dari Sampoerna Schools System di Indonesia. Di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation, Sampoerna Schools System bertujuan untuk membangun dan mengoperasikan sistem edukasi yang membawa rangkaian lengkap pendidikan internasional berkualitas tinggi ke Indonesia.

Sampoerna University menjalankan program di bawah lisensi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dengan standar nasional dan internasional, Sampoerna University memenuhi syarat untuk memberikan kontribusi substantif kepada masyarakat melalui pendidikan.

Sampoerna University lebih dari sekadar kampus. Ini adalah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk sukses, baik secara akademis maupun profesional. Di sini, siswa tidak hanya belajar dan memperoleh keterampilan akademis – mereka juga ditantang untuk berpikir kritis dan berinovasi menciptakan perubahan. Melalui program kami, siswa mampu memiliki keterampilan dan kepercayaan diri untuk mencapai karier terbaik, di lingkup nasional maupun internasional.

Sudah hampir dua dekade Sampoerna Schools System berpengalaman dalam memberikan akses pendidikan kelas dunia kepada bangsa Indonesia.

  • 2001

    Putera Sampoerna Foundation was established

  • 2009

    Sampoerna Academy Boarding School (SABS) & Sampoerna School of Education (SSE) were established

  • 2010

    Sampoerna School of Business (SSB) was established

  • 2014

    Universitas Siswa Bangsa (USBI) was established

  • 2015

    Sampoerna Schools System with Sampoerna University & Sampoerna Academy were established

  • 2016

    Introduction of Student-Parent Advisory Center

2001 – PUTERA SAMPOERNA FOUNDATION

Sejarah menunjukkan bahwa Sampoerna Schools System berdedikasi penuh terhadap peningkatan pendidikan di Indonesia. Didirikan pada tahun 2001, Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi untuk menghasilkan pemimpin dan pengusaha masa depan Indonesia yang berkualitas tinggi dan mampu menghadapi tantangan global, serta berkontribusi membawa perubahan positif pada kalangan terkait.

PSF menempatkan diri di antara mereka yang ingin menjadikan bangsa ini setara dengan negara lain secara global. PSF berusaha melakukannya melalui Sampoerna Schools System, sistem pendidikan terpadu pertama di Indonesia yang menyediakan jalur berkelanjutan dari pra-sekolah hingga pendidikan tersier internasional.

PSF juga menyediakan layanan untuk meningkatkan kualitas sekolah dan pendidik di Indonesia. Didukung oleh para profesional di bidang pendidikan, program ini bersifat komprehensif dan fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, mengembangkan karakter siswa, mencapai transparansi dalam tata pemerintahan sekolah, dan membangun komunitas sekolah yang proaktif.

Hingga kini, PSF telah memberikan lebih dari 38.997 beasiswa, mengadopsi lebih dari 600 sekolah dan madrasah negeri, melatih lebih dari 31.000 guru dan kepala sekolah, dan menarik lebih dari 1.000 siswa untuk bergabung dengan Sampoerna Schools System.

2015 – SAMPOERNA SCHOOLS SYSTEM

PSF adalah entitas dan payung administratif yang mencakup semua usaha pendidikan dari Sampoerna Schools System. Sistem ini terdiri dari Sampoerna Academy yang menerapkan kurikulum yang diakui secara internasional dengan fokus pada STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math); serta Sampoerna University, sebuah institusi perguruan tinggi yang menawarkan gelar sarjana Amerika melalui berbagai universitas mitra terkemuka di A.S. dan melalui jalur internasional, di mana siswa dapat mentransfer kredit yang diterima di Jakarta ke universitas pilihan mereka di A.S.

Setiap elemen Sampoerna Schools System diatur sesuai regulasi pendidikan Indonesia, serta peraturan pemerintah A.S. atau lembaga akreditasi internasional yang sesuai.

Kurikulum, fasilitas modern, dan gaya pengajaran Sampoerna Schools System yang diakui secara internasional akan mendorong potensi kepemimpinan setiap siswa dan menyulap mereka menjadi pribadi siap kerja (work-ready), siap menghadapi dunia (world-ready), dan siap memimpin (ready to lead).

2015 – SAMPOERNA ACADEMY

Sampoerna Academy memberikan landasan yang kuat dalam ketrampilan pedagogi dan bahasa Inggris yang mapan dalam mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan tinggi di Sampoerna University atau di Amerika Serikat.

Sampoerna Academy telah bekerja dengan dua Sekolah Dasar A.S. untuk pengembangan kurikulum, pelatihan, serta akreditasi guru. Kedua mitra kerjasama tersebut adalah The Harmony Charter Schools yang mengkhususkan diri pada pendidikan Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (“STEAM”) dan KIPP (Knowledge is Power Program), sekolah yang mengkhususkan diri dalam menggabungkan pedagogi untuk membangun karakter siswa.

2015 – SAMPOERNA UNIVERSITY

Sampoerna University mendapat akreditasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada tahun 2013, setelah menggabungkan Sampoerna School of Education yang terakreditasi (terbentuk pada tahun 2009) dan Sampoerna School of Business (terbentuk pada tahun 2010). Kemudian, sesuai dengan Peraturan Kementerian, Sampoerna University menambah fakultas Engineering and Technology. Saat ini, Sampoerna University memiliki tiga jurusan: Engineering and Technology, Business, dan Education.

2016 – STUDENT-PARENT ADVISORY CENTER

Student-Parent Advisory Centre (SPAC) dibuka pada tahun 2016 untuk memberikan layanan pendidikan yang komprehensif kepada warga Indonesia yang tertarik untuk memperoleh pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. SPAC juga melayani konsultasi dan perencanaan karier untuk siswa dan orang tua, serta memastikan bahwa rencana akademis dan karier siswa tercapai. Selain itu, SPAC merupakan organisasi yang membantu orang tua yang menginginkan anak atau keluarga mereka mendapatkan gelar sarjana Amerika melalui program Sampoerna University American College.