TENTANG PENDIDIKAN TINGGI DI AMERIKA SERIKAT

Kita tahu bahwa banyak universitas di A.S. diakui sebagai universitas terbaik di dunia, terutama untuk keunggulan akademis dan kualitas lulusannya. Sistem pendidikan di Amerika pun sangat berbeda dengan Indonesia. Berikut gambaran singkat mengenai cara kerjanya.

Hampir semua universitas di A.S. memulai Program Sarjana 4 tahun dengan memberikan mata kuliah umum pada 2 tahun pertama perkuliahan. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih jurusan yang diinginkan pada tahun ke-3. Mata kuliah umum ini menjadi pengantar yang dapat memberikan gambaran umum tentang berbagai disiplin ilmu untuk para mahasiswa. Mata kuliah umum ini juga dirancang agar mahasiswa memiliki dasar akademis yang luas, sehingga mereka mampu memutuskan jurusan apa yang harus dikejar pada tahun ke-3 & ke-4.

segitiga-min
HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN UNTUK MENDAFTAR PROGRAM SARJANA 4 TAHUN PENUH DI UNIVERSITAS DI A.S.:

Siswa yang langsung mendaftar di universitas manapun untuk keseluruhan program 4 tahun perlu mempertimbangkan hal berikut:

  • Siswa Indonesia diwajibkan memenuhi persyaratan yang sama dengan siswa Amerika seperti ACT assessment plus, ACT writing test, dan/atau SAT ditambah dengan penilaian seputar kemampuan siswa berpikir kritis, kemampuan matematika, serta kemampuan menulis. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar siswa Indonesia.
  • Siswa Indonesia mungkin juga harus memenuhi persyaratan tambahan dan mengikuti panduan khusus.
  • Siswa harus memiliki nilai rapor SMA di atas rata-rata.
  • Siswa harus menunjukkan bukti kemahiran Bahasa Inggris.
  • Siswa harus memiliki surat rekomendasi.
  • Siswa harus menulis esai yang menunjukkan motivasi mereka mendaftar ke perguruan tinggi di A.S.
KENAPA MULAI DENGAN COMMUNITY COLLEGE LEBIH DULU?

Mengingat tidak ada perbedaan mata kuliah umum di hampir seluruh insititusi pendidikan di Amerika , banyak siswa di sana memilih untuk memulai kuliah dua tahun pertama mereka di sebuah community college, untuk menyelesaikan mata kuliah dasar. Lalu, siswa tersebut dapat melakukan transfer SKS dan melanjutkan studi di jurusan pilihan di universitas.
Hal ini menunjukkan bahwa lebih dulu kuliah di community college kemudian transfer ke universitas pilihan menjadi opsi terbaik. Dengan begitu, para siswa dianggap lebih siap dengan dunia perkuliahan. Mereka pun akan memiliki kesempatan diterima lebih tinggi daripada siswa yang mendaftar secara langsung di universitas. Para siswa ini juga sudah memiliki transkrip dan nilai bahasa Inggris dengan akreditasi Amerika, yang berarti:

  • Mereka bisa jadi tidak perlu menunjukkan bukti tes kemampuan Bahasa Inggris sesuai standar yang berlaku
  • Mereka bisa jadi tidak perlu mengikuti tes SAT atau ACT

Nilai akademis jadi pertimbangan penting saat mendaftar, namun siswa dari community college juga menunjukkan bahwa mereka sudah mampu melakukan tugas perkuliahan dalam Bahasa Inggris.

Seperti kebanyakan community college lain di A.S., mitra kami, Broward College, telah membuat persetujuan seputar penerimaan mahasiswa baru dengan sejumlah universitas terkemuka di A.S.. Perjanjian ini memungkinkan siswa dapat mentransfer semua atau sebagian besar SKS mereka ke universitas-universitas bergengsi di A.S.

Jalan untuk mendapatkan gelar sarjana Amerika tampak penuh tantangan, namun Sampoerna University dapat membantu mewujudkan mimpi kamu dengan menghadirkan program American College di Jakarta. Bekerja sama dengan Broward College, selama dua tahun pertama kuliah, kami dapat mempersiapkan kamu untuk melanjutkan studi ke universitas terkemuka di A.S. dan mendapatkan gelar sarjana yang diinginkan.

AWALI PERJALANANMU BERSAMA SAMPOERNA UNIVERSITY

Kenapa kamu harus memulai perjalanan meraih gelar sarjana Amerika bersama Sampoerna University?

Kesempatan Diterima Lebih Besar

SKS yang diperoleh di Indonesia sama dengan SKS yang diperoleh di Broward College di Florida. Universitas di A.S. akan melihatmu sebagai mahasiswa transfer dari Broward College. Oleh karena itu, kamu dapat mendaftar ke universitas terkemuka manapun di A.S. sebagai mahasiswa transfer, bukan mahasiswa baru dari luar negeri.

Pahami Sistemnya Sebelum Pindah ke Luar Negeri

Kamu berkesempatan untuk mengenal dan menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan yang ketat sebelum pindah ke A.S. Studi menunjukkan bahwa mereka yang menempuh jalur ini memiliki ketahanan belajar dan tingkat kelulusan yang lebih tinggi. Siswa yang mulai kuliah di Indonesia sering kali lulus dengan IPK yang lebih tinggi daripada siswa yang memulai studi mereka di universitas A.S. sebagai mahasiswa baru. Artinya, kamu akan mendapatkan kesempatan lebih tinggi untuk dipekerjakan oleh perusahaan multinasional.

Lebih Hemat

Dengan menyelesaikan dua tahun pertama di American College Program di Jakarta, orang tua dapat menghemat hingga 40 sampai 50 persen dari biaya kuliah internasional di berbagai universitas terbaik di A.S., dibandingkan dengan biaya mengambil program studi luar negeri konvensional. Hal ini juga secara signifikan mengurangi risiko drop out yang merugikan dan memakan biaya.

Kualitas Kelas Dunia

Sampoerna University American College memberikan berbagai program akademis yang diakreditasi oleh badan-badan internasional dan diajarkan oleh dosen bersertifikasi dari Broward College. Program kami dirancang untuk meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan berpikir kritis, serta membekali kamu dengan kemampuan  berinovasi, jiwa kepemimpinan, dan daya saing global.

Gratis Konsultasi Perencanaan Akademik Demi Karier Masa Depan

Sebelum pendaftaran dan sesi belajar dimulai, konsultan akademis kami di Student-Parent Advisory Center akan membantu kamu meninjau dan menyusun rencana studi untuk keperluan akademis. Konsultan kami juga akan memastikan kamu mengikuti jalur paling cepat, paling mudah, dan paling terjangkau untuk menempuh pendidikan di Amerika dan mendapatkan gelar sarjana Amerika. Mereka pun akan memberikan panduan saat kamu dalam proses transfer ke A.S.

Konsultasikan rencana akademismu dengan konsultan akademis kami di Student-Parent Advisory Center sekarang.